Gubernur Kaltim Canangkan Tanam Jagung

By Sukandar 14 Nov 2016, 12:02:33 WIBBerita Utama

Tanah Paser, Selasa 8/11/2016. Gubernur Kalimantan Timur, Dr.H. Awang Faroek Ishak mencanangkan  penanaman jagung di desa Petangis Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser bersama Bupati Paser, Yusriansyah.

Pencanangan penanaman jagung se Kalimantan Timur seluas 6.500 hektar (ha) dengan menggunakan pembiayaan murni dari APBN Tahun 2016 dan APBN perubahan seluas 5.000 ha sehingga total seluruhnya mencapai 11.500 ha. Khusus lahan dalam gerakan penanaman jagung di Kabupaten Paser mendapat jatah seluas 1.000 ha dan yang ada di Kecamatan Batu Engau seluas 800 ha, selebihnya 200 ha lainnya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Paser.

Pelaksanaan kegiatan pencanangan penanaman jagung di Desa Petangis, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser oleh Gubernur Kaltim pada saat pelaksanaan kunjungan kerja Gubernur Kalimantan Timur bersama rombongan termasuk Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Dr.Ir.H. Zairin Zain, M.Si ke wilayah selatan yang diawali dengan kunjungan kerja di Kota Balikpapan berkoordinasikan dengan pihak Kodam VI Mulawarman dilanjutkan dengan kunjungan kerja melihat secara langsung melalui kapal pembangunan Jembatan Pulau Balang, kemudian melanjutkan perjalanan munuju Kabupaten Paser.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim menyatakan bahwa meyakini kegiatan pertanian tanaman pangan akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekaligus mengurangi ketergantungan Kaltim pada daerah lain untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan daerah termasuk komoditas jagung karena potensi lahan Kaltim yang sangat besar dan Kabupaten Paser diharapkan mampu menjadi sentra pangan Kaltim selain beberapa kabupaten lainnya yang berkontribusi terhadap pangan Kaltim.  

H. Awang Faroek berharap bahwa gerakan tanam jagung di Kalimantan Timur apabila terlaksana dengan baik walaupun hanya 80 presen yang berproduksi maka Kaltim sudah mampu memenuhuhi kebutuhan bias mencapai 156 persen.  

Apabila kegiatan ini terlaksana dengan  baik walaupun hanya 80 persen yang berproduksi maka Kaltim mampu memenuhi kebutuhan mencapai 156 persen. Berdasarkan data yang ada pada 2015 Kaltim telah menghasilkan produksi jagung sekitar 9.000 ton dari kebutuhan 16.000 ton atau kekurangan 8.000 ton.

Pada acara tersebut Gubernur Kaltim juga menyerahkan bibit jagung kepada petani dan 3 unit traktor roda 4 untuk pengelohan tanah khusus jagung, combine hanvester 30 unit, perontok jagung 13 unit, traktor roda 2 sebanyak 77 unit, alat tanam padi 14 unit dan pompa air sebanyak 13 unit.

Sementara pada acara sebelumnya ramah tamah bersama Bupati Paser di Pendopo Bupati Paser, Tanah Paser (7/11/2016) Gubernur Kaltim juga menyerahkan 50 unit rumah untuk Komunitas Adat Terpencil di Kabupaten Paser, penyerahan bantuan sosial terencana baik untuk veteran, janda veteran maupun untuk penyandang disabilitas disaksikan oleh Bupati Paser Yusriansyah bersama jajaran pejabat dilingkup Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemerintah Kabupaten Paser. (Humas Bappeda Provinsi Kaltim/Sukandar,S.Sos).

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Transworld Packers and movers in Delhi 20 Nov 2016, 03:14:57 WIB

    Transworld packers and movers in Delhi
    http://www.transworldpackersandmovers.in/packers- and-movers-in-delhi.html

    Packers and movers in Delhi 20 Nov 2016, 03:23:39 WIB

    Packers and movers in Delhi
    http://www.5to10.in/delhi/Packers-and-Movers
    P ackers and movers in Delhi
    http://www.indiatoppackers.in/
    Packers and movers in Gurgaon
    http://certifiedmoverspackers.com/

    Packers and movers in Gurgaon 20 Nov 2016, 03:24:26 WIB

    Packers and movers in Gurgaon
    http://certifiedpackersmovers.com/
    Packers and movers in Hyderabad
    http://www.skywingcargopackers.in/
    Packers and movers in Udaipur
    http://www.indiatoppackers.in/Udaipur/Packers-a nd-Movers
    Packers and movers in Bangalore
    http://www.5to10.in/Bangalore/Packers-and-Mov ers
    Packers and movers in Hyderabad
    http://www.5to10.in/Hyderabad/Packers-and-Mov ers

View all comments

Write a comment