Selasa, September 30, 2014

18 Operator Dilatih, Update Database di 18 Kecamatan

MAJUKAN PENDIDIKAN: Kepala Disdik Kukar HM Hardi (paling depan, tiga dari kanan) saat membuka pelatihan operator data yang berakhir Kamis (2/12).

TENGGARONG - Sebanyak 18 Operator Data Cabang Kecamatan Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar mengikuti pelatihan teknis pengolahan data di Hotel Grand Elty, Tenggarong, mulai 30 November hingga 2 Desember. Kabid Sarana dan Prasarana Disdik Kukar Drs H Suriansyah mengatakan, ketersediaan data pendidikan ini sangat penting karena menjadi acuan perencanaan pendidikan di Kukar. Data yang dimaksud adalah data penduduk usia sekolah, jumlah sekolah, sarana prasarana, data siswa, dan data guru.

“Ini selaras dengan visi misi gerbang raja untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Kukar,” kata Suriansyah didampingi Kasubid Junaidi S,Sos MM dan PPTK dra Rohainy dan Teo Pilus.

Dikatakan, pelatihan teknis operator data ini membuat Disdik Kukar lebih maju selangkah. Soalnya, dalam kegiatan ini dijelaskan aplikasi Padati Web (Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan Berbasis Internet.), pengenalan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NUPTK (Nomor Unit Tenaga Kependidikan). Disdik optimistis yang operator data dari setiap cabang Dinas Pendidikan kecamatan bakal lebih terampil dan cekatan.
“Sinkronisasi data pendidikan, baik data pokok sekolah, guru siswa sangat penting sesuai Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasiona,” kata Suriansyah.

Kasubid Pendidikan Junaidi menjelaskan, pengolahan data pendidikan meliputi data tiap sekolah baik formal maupun non-formal. Adapun data per sekolah terdiri dari 3 jenjang pendidikan mulai Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudlatul dan Bustanul Atfal (RA/BA), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah (SM) di 18 kecamatan. Selain itu juga termasuk data guru, data siswa dan prasarana sekolah.

“Kelemahan yang dihadapi selama ini antara data di Disdik Kabupaten dengan Disdik 18 kecamatan kurang akurat. Ke depan tidak lagi, ketersediaan data cepat dan akurat serta up to date sangat dibutuhkan dalam menyukseskan Gerbang Raja,” imbuhnya. Pelatihan operator data ini dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kukar, Drs.HM.Hardi juga dihadiri Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan LPMP Provinsi Kaltim. (hmp02)























 

 simonep    teppa

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kesuma Bangsa Nomor 2 - Samarinda 75123
Telp 0541 - 741044
Fax 0541 - 742283
Email : mail@bappedakaltim.com / mail@bappeda.kaltimprov.go.id
© Copyright 2009
  -  2014