Rabu, November 26, 2014

Koordinasi Pemerintah Pusat & Daerah

Jakarta, 14/9/12. Penguatan koordinasi dan sinergi kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus terus dikembangkan ke depan sekretaris_bappeda_-_wamen_bappenassebagai langkah yang sangat strategis dalam meningkatkan pembangunan nasional.

Hal ini diugkapkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana pada saat membuka forum Temu Konsultasi Triwulanan III Tahun 2012 Bappenas-Bappeda Provinsi Seluruh Indonesia, yang bertempat di Ruang Serba Guna, Gedung Bappenas. Temu Konsultasi Triwulanan yang akan dilaksanakan pada hari ini merupakan temu konsultasi ketiga pada tahun 2012.

“Saya berharap bahwa forum seperti ini terus dikembangkan ke depan karena sangat strategis khususnya dalam penguatan koordinasi dan sinergi kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang terkait dengan berbagai permasalahan pembangunan,” ujar Ibu Armida dalam kata sambutannya. dikutip dari bappenas.go.id

Pelaksanaan Temu Konsultasi Triwulan III Bappenas-Bappeda Provinsi Tahun 2012 yang mengusung tema “Percepatan Pelaksanaan Dana Dekonsentrasi Bappenas”, diharapkan akan memberi dampak yang signifikan dalam perbaikan perencanaan pembangunan Indonesia secara keseluruhan. Dikutip dari bappenas.go.id.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Armida mengharapkan forum konsultasi ini dapat berjalan dengan optimal dan adanya masukan daerah tentang perencanaan serta upaya percepatan pelaksanaan dana dekonstrasi Bappenas untuk pembangunan nasional dan pembangunan daerah ke depan.

Tampil sebagai pembicara dalam Temu Konsultasi Triwyulan III yang berlangsung satu hari ini adalah Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Dr. Slamet Seno Adji, MA; Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Dr. Ir. Dedy Supriyadi Priyatna, Msc; Deputi Bidang Sumber Alam dan Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Endang Murniningtyas, Msc; Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan, Dra. Nina Sardjunani, MA; Deputi Bidang Kemiskinan, Ketenagakerjaan, dan Usaha Kecil Menengah, Dr. Ir. Ceppie Kurniadi Sumadilaga, MA; dan Inspektur Utama Ir. Slamet Soedarsono, MPP. Dikutip dari bappenas.go.id.Temu_Konsultasi_Bappenas-Bappena_se_Indonesia_14_sep_12

Materi yang dibahas dalam temu konsultasi triwulan III Bappenas-Bappeda Provinsi se Indonesia tahun 2012 meliputi :

1.  Identifikasi kebijakan-kebijakan dalam pelaksanaan kegiatan dekonsentrasi;
2.  Identifikasi upaya-upaya pencapaian sasaran daerah dalam mencapai pembangunan  nasional;
3.  Administrasi pengganggaran diantaranya penyelesaian DIPA, asistensi pengisian RKA KL – Konsep DIPA, pendataan kelengkapan dokumen, asistensi Format Pelaksanaan Kegiatan, koordinasi pelaksanaan kegiatan – Struktur Organisasi Dekonsentrasi – Bappeda – SKPD lainnya;
4.  Asistensi Format Pelaporan; dan
5.  Koordinasi pengawasan dengan pengawas daerah.

Tujuan dari Temu Konsultasi Triwulan III Bappenas – Bappeda se Indonesia antara lain :
1.    Menyampaikan kebijakan dan muatan dana dekonsentrasi Bappenas;
2.    Melakukan penjelasan administrasi penganggaran dan pelaksanaan kegiatan dalam percepatan pelaksanaan dana dekonsentrasi Bappenas;
3.    Melakukan penjelasan pengawasan dan pelaporan pelaksanaan dana dekonsentrasi Bappenas;
4.    Identifikasi usulan-usulan kegiatan daerah dengan menggunakan dana dekonsentrasi Bappenas.

Sementara dari Bappeda Kaltim dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kaltim, Ir.H.Nazrin,M.Si dan Kepala Bidang Ekonomi, Ir. Ujang Rachmad,M.Si beserta beberapa pejabat eselon III dan IV lainnya di lingkungan Bappeda Kaltim yang mengikuti acara Temu Konsultasi Triwulan III Bappenas-Bappeda se Indonesia hingga selesai. (Humas Bappeda Kaltim/Sukandar,S.Sos).

Photo : Sekretaris Bappeda Kaltim, Ir.H.Nazrin,M.Si bersama Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo melalui ponselnya Sekretaris.























 

 simonep    teppa

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kesuma Bangsa Nomor 2 - Samarinda 75123
Telp 0541 - 741044
Fax 0541 - 742283
Email : mail@bappedakaltim.com / mail@bappeda.kaltimprov.go.id
© Copyright 2009
  -  2014