Jumat, Oktober 24, 2014

Kaltim Peringkat 3, Daya Saing & Strategi Pembangunan se Indonesia

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menempati peringkat ketiga nasional untuk penilaian tentang Analisis Daya Saing dan Strategi Pembangunan pic_rumadi-berita_di_web(Competitiveness Analysis and Development Strategy) untuk 33 provinsi di Indonesia berdasarkan riset oleh Asia Competitiveness Institute (ACI) dari National University of Singapore (NUS).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Dr.Ir. H Rusmadi.MS, mengatakan riset ACI menempatkan Kaltim dibawah DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Riset tersebut menggunakan empat komponen, yaitu stabilitas makro ekonomi, pengaturan pemerintahan dan kelembagaan, kondisi keuangan, bisnis dan tenaga kerja, serta kualitas hidup dan pembangunan infrastruktur.

Ia menambahkan berdasarkan riset untuk 2010, Kaltim berada di peringkat ketiga secara keseluruhan dengan nilai 0,5483, sedangkan DKI Jakarta di posisi pertama dengan nilai 1,7320 dan Jawa Timur di posisi kedua dengan nilai 0,6615.

Pada komponen stabilitas makro ekonomi, Kaltim menempati posisi keempat dengan nilai 0,6212. Selanjutnya, komponen pengaturan dan kelembagaan, Kaltim berada pada posisi 17 (-0,0206).

Kemudian, untuk komponen kondisi keuangan, bisnis dan tenaga kerja, Kaltim di posisi kedua (0,9569). Dan yang terakhir untuk komponen kualitas hidup dan pembangunan infrastruktur, Kaltim di posisi keempat (0,6344).

Sementara itu, posisi Kaltim kurang bagus di komponen pengaturan pemerintahan dan kelembagaan, di mana kita mendapatkan angka minus 0,0206. Dan posisi Kaltim bisa meningkat secara keseluruhan pada riset 2011, jika mampu meningkatkan nilai untuk komponen pengaturan pemerintahan dan kelembagaan, yang diikuti dengan peningkatan nilai pada tiga komponen lainnya," ujar Rusmadi yang dikutip dari kaltimprov.go.id.

Rusmadi menjelaskan, pendekatan pembangunan yang dilakukan Kaltim sudah sangat tepat, terutama dengan mengembangkan klaster industri seperti yang telah dilakukan di sejumlah negara dan mampu memberikan multiplier effect, terutama dalam peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Sumber : Alnisa S ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ) berita, Rabu/29/8/12.























 

 simonep    teppa

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kesuma Bangsa Nomor 2 - Samarinda 75123
Telp 0541 - 741044
Fax 0541 - 742283
Email : mail@bappedakaltim.com / mail@bappeda.kaltimprov.go.id
© Copyright 2009
  -  2014