Selasa, Juli 29, 2014

Bimtek/Review Penyusunan Indikator Kinerja Utama Lingkup Pemprov Kaltim 2012

Batam, 22/11/12. Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Aji S. Faturahman membuka acara Bimbingan Teknis / Rewiew 1._lakip_22-23_Nop_12_-_webPenyusunan Indikator Kinterja Utama Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di ruang rapat Hotel Nagoya Plaza Batam Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, didampingi oleh Sekretaris Bappeda Kaltim, Ir.H. Nazrin,M.Si dan Kepala Bidang Pemerintah dan Aparatur, Siti Sugiyanti,SE.,M.Si serta dari Biro Pemerintahan Umum Setwilda Provinsi Kaltim.

Peserta diikuti kurang lebih tujuh puluh lima orang berasal dari delapan belas SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang terkait.

Dalam penyampaian sambutan dari Asisten I Bidang Pemerintah Provinsi Kaltim sekaligus membuka acara Bimtek/Review Penyusunan Indikator Kinerja Utama di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim ada 7 poin penting yaitu :

1. Pertama-tama kita panjatkan Puji dan Syukur atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara Bimtek/Review Penyusunan Indikator Kinerja Utama dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur;

2. Dalam pelaksanaan kegiatan suatu organisasi/instansi diperlukan tolok ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan/sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan sebelumnya, sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan ke depannya;

3.    Alat tolok ukur tersebut dapat berupa Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU dapat diimplementasikan dalam perencanaan jangka menengah, perencanaan tahunan, penyusunan dokumen penetapan kinerja, pelaporan akuntabilitas kinerja, evaluasi kinerja pemerintah, serta pemantauan dan pengendalian kinerja pelaksanaan program dan kegiatan-kegiatan;

4.    Dalam rangka pengukuran dan peningkatan kinerja serta lebih meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, maka setiap instansi pemerintah perlu menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi/instansi. Dalam penetapan IKU mempunyai maksud dan tujuan yaitu :
a. Indikator Kinerja akan memberikan informasi mengenai kinerja suatu organisasi/instansi apakah berhasil atau gagal, baik atau buruk, sesuai ketentuan atau tidak, sehingga dalam menyelenggarakan manajemen kinerja dapat berjalan dengan baik dan benar.
b. Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi/instansi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja.2._peserta_bimtek

5.  Hasil yang diharapkan dari Bimtek/Review Penyusunan IKU ini adalah :
a. Output berupa dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.
b. Hasil yang akan dicapai adalah tersusunnya Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD sebagai informasi dan parameter pelaksanaan kinerja pemerintah Provinsi secara detil dan akurat di lingkungan SKPD Provinsi Kalimantan Timur.
c. Manfaatnya adalah terpetakannya secara konkrit skala prioritas program dan kegiatan pada SKPD sebagai komitmen tinggi efektifitas serta efisiensi APBD dapat terwujud.
d. Dampak yang diharapkan adalah terdukung dan lebih konkritnya upaya clean goverment dan good governance Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menuju island of integrity.

6. Untuk menuju pemerintahan yang baik (good governance) instansi pemerintah diwajibkan untuk memenuhi kinerja yang telah diperjanjikan dan memberikan bukti mengenai pemenuhan janji tersebut.

7.     Saya berharap dengan adanya kegiatan Bimtek/Review Penyusunan Indikator Kinerja Utama ini, semoga kualitas penyusunan dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD akan semakin meningkat, dan semakin baik sehingga dapat terwujud konsistensi antara dokumen rencana pembangunan daerah, dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran serta keselelarasan dengan dokumen perencanaan lainnya.

Latar belakang pelaksanaan bimtek/review penyusunan indikator kinerja utama lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur adalah dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Bappeda Provinsi Kaltim menyelenggarakan asistensi perencanaan indikator kinerja utama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk senantiasa memperbaiki diri, diawali dengan menggandeng Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk memberikan bimbingan atau memberikan asistensi dalam penyusunan perencanaan kinerja, terutama untuk Indikator Kinerja Utama. Hal ini sebagi upaya untuk mengoptimalkan penyusunan perencanaan kinerja, terutama untuk indikator kinerja utama secara benar dan optimal.

Bahwa dalam pelaksanaan kegiatan suatu organisasi diperlukan tolok ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan/sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan sebelumnya, sehingga dapat diambil langkah-langkah perbaikan ke depannya. Alat tolok ukur tersebut dapat berupa Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU dapat diimplementasikan dalam perencanaan jangka menengah, perencanaan tahunan, penyusunan dokumen penetapan kinerja, pelaporan akuntabilitas kinerja, evaluasi kinerja pemerintah, serta pemantauan dan pengendalian kinerja pelaksanaan program dan kegiatan-kegiatan.
MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam rangka pengukuran dan peningkatan kinerja serta lebih meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, maka setiap instansi pemerintah perlu menetapkan Indikator Kinerja Utama (IKU). IKU (Key Performance Indicator) adalah ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi. Adapun maksud dan tujuan Penetapan Indikator Kinerja Utama yaitu : 1. Untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam menyelenggarakan manajemen kinerja secara baik; 2. Untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan akuntabilitas kinerja.

HASIL YANG DIHARAPKAN
1.     Output berupa dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur;
2.    Hasil yang akan dicapai adalah tersusunnya Indikator Kinerja Utama (IKU) SKPD sebagai informasi dan parameter pelaksanaan kinerja pemerintah Provinsi secara detil dan akurat di lingkungan SKPD Provinsi Kalimantan Timur;
3.    Manfaatnya adalah terpetakannya secara konkrit skala prioritas program dan kegiatan pada SKPD sebagai komitmen tinggi efektifitas serta efisiensi APBD dapat terwujud;
4.    Dampak yang diharapkan adalah terdukung dan lebih konkritnya upaya clean goverment dan good governance Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menuju island of integrity.
(Sumber : Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Bappeda Kaltim dan dipublikasikan oleh Humas Bappeda Kaltim/Sukandar,S.Sos).























 

 simonep    teppa

Bappeda Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Kesuma Bangsa Nomor 2 - Samarinda 75123
Telp 0541 - 741044
Fax 0541 - 742283
Email : mail@bappedakaltim.com / mail@bappeda.kaltimprov.go.id
© Copyright 2009
  -  2014